Tutor Cepat Blogspot

Kursus Advance SEO - Saung Seo 468x60
Setelah sebelumnya kita mengetahui cara membuat blog di blogspot, sekarang ada baiknya kita mengenal area kerja di blogspot, yaaa, saya menyebutnya area kerja, karena disana kita akan bekerja menuangkan segala yang ada dipikiran kita.

Setelah selesai membuat blog di blogspot, kita akan di hadapkan dengan tampilan seperti di bawah, yang di bagi dalam beberapa kategori.


Terdapat tab posting, komentar, pengaturan, rancangan, dan fitur terbaru dari blogspot, statistik. Saya akan jelaskan secara singkat satu per satu dengan cara saya sendiri fungsi dan bagian dari tab tersebut, semoga penjelasan saya dapat di mengerti.


Posting

Dalam tab posting akan di bagi menjadi tiga bagian yaitu :

a. Entri Baru / New Entri

Tempat kita membuat artikel atau tulisan baru, disini sobat bisa menuangkan seluruh imajinasi atau apa saja yang ada di dalam pikiran sobat.

Tampilan New Entri

Di dalam entri baru terdapat beberapa fitur, yaitu :
  • Judul : adalah tempat sobat memberikan judul dari tulisan yang sobat buat.
  • Tollbar Postingan : terdapat beberapa pilihan editing, seperti bold, underline, dll.
  • Edit HTML : Membuat tulisan dengan kode HTML.
  • Compose : Membuat tulisan dengan keadaan yang sebenarnya, atau dengan mode biasa, hampir mirip dengan microsoft word.
  • Label : Adalah kategori dari tulisan sobat, sobat bisa mengetikkan sendiri kategorinya.
  • Post Options : adalah pengaturan tulisan sobat, jika sobat klik tulisan post options maka akan keluar beberapa pengaturan yang pastinya bisa sobat mengerti.
  • Pertinjau : Preview tulisan yang sobat buat sebelum di terbitkan.
  • Save Now : Untuk menyimpan tulisan sobat, secara otomatis akan masuk kedalam draft.
  • Terbitkan Entri : Untuk menerbitkan tulisan yang sobat buat.

b. Edit Entri

Adalah tempat mengedit entri atau tulisan yang pernah sobat buat.
Tampilan Edit Entri
Disini terdapat berbagai macam pilihan makanan, eh salah sorry, maksud saya berbagai macam pilihan menu yang bisa sobat gunakan untuk mempermudah dalam pengditan. Mungkin yang ini tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, sekali lihat mungkin sobat sudah tahu fungsi dari menu tersebut. Apa susahnya tinggal klik doang hehehe..,

c. Edit Laman

Fungsinya tidak jauh berbeda dengan new entri, namun terdapat sedikit perbedaan yaitu laman tidak masuk ke halaman depan atau utama blog. Dan laman sendiri bisa seting muncul pada menu bar blog. Jadi kita tidak susah susah membuat menu bar lagi.

Dan bagusnya lagi kita dapat menentukan posisi dari menubar dari laman tersebut apakah di atas, atau sidebar atau tidak sama sekali.

Contoh Tammpilan Gadget Laman
Setelah menentukan posisinya klik Simpan dan Terbitkan, kemudian untuk melihat hasilnya klik Lihat Laman.

Komentar


Ini merupakan fitur terbaru dari blogspot, fungsingnya menampilkan seleuruh komentar yang ada di blog kita, dan hebatnya lagi system baru blog ini mampu menyaring komentar spam. Disini sobat bisa mengedit seluruh komentar yang masuk, entah sobat hapus atau terbitkan.
Contoh tampilan tab komentar

Pengaturan
Contoh Tampilan Tab Pengaturan
Pada tab ini sobat mengatur settingan blog milik sobat, disini terdapat banyak sub tab yang memiliki pengaturan yang berbeda, dan tidak saya jelaskan secara mendetail karena kebanyakan pengaturan sudah terdapat penjelasannya. Pada intinya jika sobat selesai melakukan pengaturan ingat klik Simpan setelan.

a. Dasar
Merupakan settingan dasar dari blog yang sobat buat, dan terdapat beberapa form pengaturan dasar yaitu :

1. Alat Blog :
  • Export blog adalah menu untuk memback-up atau menyimpan isi dari blog dengan format xml.
  • Import blog  adalah menu untuk mengambil hasil export dan entri yang diimpor akan digabung dengan semua entri terkini, yang diurut berdasarkan tanggal.
  • Hapus blog adalah untuk menghapus blog.
2. Judul : sama dengan nama blog milik sobat, sobat bisa mengganti nama blog milik sobat. Perlu diingat, jika sobat  mengganti nama blog sobat maka ranking blog sobat juga akan hilang.

3. Uraian : deskripsi blog milik sobat, atau isi dari blog milik sobat. Misalnya : tutorial blog, Tutorial Adobe photoshop, dan lain lain.

4. Tambahkan blog Anda ke daftar kami? : jika sobat memilih "Ya", berarti sobat memasukkan blog milik sobat ke daftar blogger.com.

5. Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda? : Jika sobat memilih "Ya" maka artinya sobat membiarkan mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan kawan - kawannya menemukan blog sobat. Jika sobat tidak ingin terlihat di mesin pencari pilih " Tidak".

6. Tampilkan Link Posting Email? : Memberikan pengunjung blog sobat untuk membagikan link postingan milik sobat.

7. Konten Dewasa? : Sistem keamanan blog untuk membatasi pengunjung, jika sobat memilih "Ya" berarti blog sobat termasuk dalam konten dewasa dan pengunjung blog akan melihat pesan peringatan dan akan diminta untuk mengkonfirmasikan bahwa mereka ingin tetap melanjutkan melihat blog milik sobat. Jika sobat memilih " Tidak" maka pengunjung akan dapat langsung masuk ke blog milik sobat.

8. Pilih editor entri : tampilan editor pada saat sobat membuat postingan atau entri. Contohnya saya menggunakan pilihan "Editor yang diperbarui" maka tampilannya akan terlihat seperti gambar  tampilan new entri pada kolom posting di atas.
Contoh tampilan pengaturan entri Editor Yang Diperbaharui
Jika sobat memilih "Editor lama" ( mode yang ini akan segera berakhir) akan terlihat seperti gambar di bawah.
Contoh tampilan pengaturan entri Editor Lama
Jika sobat memilih "Sembunyikan mode penyusunan", maka hanya akan tampil dalam mode HTML dan bukan mode compose.
Contoh tampilan pengaturan entri Sembunyikan mode penyusunan

b. Publikasikan

Pada tab ini sobat dapat mengubah alamat blog milik sobat, untuk settingan default maka sobat akan menggunakan domain asli blogspot.com.
Misalnya http://  .blogspot.com

Contoh tampilan mengubah alamat blogspot.
Untuk mengubah alamat blog, tergantung dari ketersediaan, sudah ada yang memakai apa tidak. Jika sudah ada yang memakai sobat cari nama lain heeeee.


c. Format


Tampilkan sebanyak mungkin : Jumlah entri atau postingan di halaman depan.

Format Header Tanggal : Format tanggal pada saat sobat selesai membuat entri atau postingan.

Format Tanggal Index Arsip : Jenis tampilan arsip. Ini akan terlihat apabila sobat menambahkan gadged arsip pada sidebar milik sobat.

Format Timestamp : Format waktu pada saat sobat selesai membuat entri atau postingan.

Zona Waktu : Zona waktu negara milik sobat, misalnya Indonesia (GMT -08:00 Pacific Time).

Bahasa : Jenis bahasa yang sobat gunakan.

Konversi Ganti Baris: adalah format pengganti baris saat menekan enter. Secara otomatis satu enter  = <br/> (kode enter), jadi jika sobat memilih "Ya" dalam opsi ini sobat tidak perlu repot mengetikkan kode <br/>  sebanyak dua kali, sobat hanya tinggal menekan "enter" dua kali.

Templat Entri : Menambahkan teks atau kode - kode URL gambar setiap sobat memulai membuat entri atau postingan. jadi tidak perlu menuliskan kata - kata yang sama setiap kali membuat entri baru.
Misalnya : Hallow sobat bloger salam sejahtera, semoga sehat selalu.


d. Komentar

Tempat pengaturan berkomentar dan isi komentar, samai penerbitan. Mungkin sobat sudah mengerti beberapa pengaturan form pada komentar, dan sedikit yang akan saya jelaskan disini.

Pesan Formulir Komentar : Biasanya terletak di atas kolom komentar, di isi dengan kata -kata sobat sendiri.
misalnya : silahkan tinggalkan komentar anda asalkan tidak spam.

Email Pemberitahuan Komentar : Pemberitahuan setiap ada komentar baru, yang dikirim ke email sobat, jika ingin mengisi lebih darisa tu email pisahkan dengan koma.
Misalnya : siapaajabole@ymail.com, gakadayangbole@yahoo.com, danterakhir@yahoo.co.id


e. Arsipkan

Pengaturan tentang pengarsipan atau pengelompokan postingan berdasarkan, harian, mingguan, dan bulanan. Pengarsipan ini sangat penting fungsinya dalam arcive, agar pembaca artikel kita dapat melihat semua susunan artikel yang telah kita buat.

f. Feed Situs

Untuk pengaturan yang satu ini sudah dijelaskan oleh pihak bloger heheheheh jadi kalau boleh saya artikan fungsi feed situs ini adalah ringkasan dari isi artikel yang telah kita buat. Untuk memasang feed ini sobat perlu mendaftar dahulu di feedburner. Begini sob, jika melalui feed burner ini kita tidak akan melewati berbagai macam aral rintangan seperti header, sidebar, belum lagi berisi java scrip, untuk membaca suatu artikel dalam blog.


g. Email & Seluler

Pengaturan ini untuk mengirimkan artikel terbaru kita dan mempromosikan artikel - artikel yang kita buat.

Alamat BlogSend: kolom ini berfungsi untuk mengirimkan artikel terbaru kita ke alamat email yang sobat cantumkan, dan maximal 10 alamat email yang dipisahkan dengan koma.

Alamat Pengeposan via Email : fungsinya untuk mempublikasikan postingan atai entri sobat yang ada di bloger melalui email.

Perangkat Seluler : mempublikasikan entri atau postingan sobat melalui sellular.


h. OpenID

Menurut sumber yang saya baca Open ID artinya : "standar terbuka yang memungkinkan pengguna untuk otentikasi ke website tanpa harus membuat password baru".
Jika kita sudah mengikutin open id kita tidak usah login terlebih dahulu jika ingin memberikan komentar pada blog orang.
sumber : Jawaris.com.

j. Izin

Dalam pengaturan ini kita dapat menambahkan jumlah penulis di blog kita, dan mengatur siapa saja yang boleh melihat blog kita.

Penulis Blog : Disini kita dapat menambahkan penulis dalam blog kita, dengan cara mengundang mereka melalui email mereka masing - masing, dan batas maximalnya adalah 100 email atau 100 penulis.

Pembaca Blog : Disini kita dapat menentukan siapa saja yang dapat membaca blog kita, diantaranya, siapapun, orang - orang yang dipilih, dan Pemilik blog. Jika sonat memilih orang  - orang yang pilih, maka sobat bisa menambahkan jumlah pemnacanya, namun tetap maximal 100 pembaca.
Rancangan

Disini adalah tempat kita mengedit template atau tampilan blog kita, kita bisa menambahkan gaged atau fitu - fitur lainnya, rancangan memiliki tiga sub tab yaitu :

a. Elemen Laman

Tempat untuk mengedit tampilan blog, menambahkan gadget.Caranya sangat mudah, untuk menambahkan gadget tinggal klik tulisan 
Tambah Gadget, untuk memindahkan posisinya tinggal drag saja. Setelah pengeditan atau menambahkan gadget, ingat klikSimpan.

contoh tampilan elemen laman

b. Edit HTML

Sama dengan Elemen laman disini juga tempat pengiditan atau perancangan template / tema  / tampilan blog. Namun bedanya disini kita menggunakan kode - kode yang sering memusingkan kepala, namun tidak usah khawatir, karena sekarang sudah banyak situs- situs atau blog yang memberikan tutorial cara mengedit, atau memberikan template gratis.
contoh tampilan edit HTML

1. Download Template Lengkap : fungsinya untuk mendownload template blog yang sudah di edit, atau untuk memback-up template blog. Sebaiknya dan mungkin juga harus di gunakan sebelum melakukan edit di edit HTML.

2. yang saya beri tanda no 2, adalah tempat kita mengupload template, atau import template dari driver milik sobat.

3. yang saya beri tanda no3, adalah tempat kita mengedit template / tema blog milik kita dengan kode - kode seperti XHTMl atau CSS dan sebagainya, karena saya sendiri kurang paham dengan kode - kode tersebut hahahahaha...!!

4. Expand Template Widget : jika sobat mencentang Expand Template Widget, maka terlihat kode - kode dari widget yang sobat pasang.

5. Kembalikan template widget ke default : jika sobat salah mengedit kode - kode dari widget milik sobat, maka fungsi ini adalah mengembalikan widget sobat ke adaan sebelum sobat edit.

6. Bersihkan edit : jika terjadi kesalahan ketika mengedit HTML, sobat bisa mengembalikkan keadaannya keadaan sebelum sobat mengedit.

7. Pertinjau : Untuk melihat contoh hasil dari editan sobat. Sebaiknya sebelum menyimpan hasil editan pertinjau terlebih dahulu agar lebih yakin bahwa sobat sudah benar meng edit templatenya. tapi tidak semua hasil editan bisa di lihat langsung melalui preview, misalnya jika kita menambahkan kolom pada blog kita, maka sebelum diisi elemen hasilnya tidak akan terlihat. Untuk melihatnya sobat bisa langsung menujuElemen laman.

8. Simpan Template : Untuk myimpan hasil editan.


c. Perancang Template

Ini merupakan fitur terbaru dari bloger, fungsinya sama yaitu untuk mengedit tampilan blog, namun disini sobat bisa lebih budah mengedit, dan tidak perlu menggunakan kode - kode. Disini sudah disediakan berbagai macam pilihan lauout. Disini sobat bisa bereksperimen menciptakan design blog sobat.

Contoh tampilan Perancang template.

Disini sudah disediakan template default yang nantinya sobat bisa edit, backgroundnya, layoutnya, entah itu menambahkan jumlah kolom atau menguranginya. Dijamin sangat mudah menggunakannya. Jika sudah selesai merancang klik Applay to Blog yang ada di pokok kanan atas.
Statistik

Disini sobat melihat perkembangan blog sobat, mulai dari jumlah pengunjung, dan halaman yang di lihat pengunjung, jenis OS yang di pakai pengunjung dan sebagainya. Mulai dari data harian, bukalanan, mingguan, atau semua waktu. Silahkan sobat cobba sendiri, untuk melihat hasil pasti dari pengunjung, dan halaman

Contoh Data Statistik dalam tampilan Overview

Tab overview adalah melihat hasil keseluruhan statistik blogsobat sobat. Mulai dari jumlah halaman yang dilihat pengunjung dan asal pengunjung

Tab Post : memperlihatkan jumlah penayangan setiap halaman yang dilihat pengunjung.

Tab Traffic Sources : memperlihatkan data URL reveral yang masuk ke blog sobat, dan keysowd yang paling sering di cari yang ada di blog sobat.

Tab Audience : Menampilkan pengujung dari seluruh negara yang paling sering melihat blog sobat, memperlihatkan  data pengunjung dari browser yang mereka gunakan, dan memperlihatkan data pengunjung dari Operating Systems yang mereka gunakan. 
Bagaimana sob, sangat lengkap bukan fitur - fitur dari blogger, saya mohon maaf bila saya tidak dapat menjelaskan secara detail, karena saya juga masih dalam tahap belajar. Tak kenal maka tak sayang, oleh sebab itu blogger pemula seperti saya ini harus belajar mengenal area kerja blogspot.

Kepada para ahli blog saya mohon kritik dan sarannya, dan apabila terdapat kesalahan saya mohon dikoreksi, dan apa yang saya sampaikan tadi semoga berguna bagi bloger pemula seperti saya ini.

Happy Blogging !! RS

CU.CC: Free Domain Registration + FREE DNS Services

Artikel yang berkaitan :



0 komentar:

Posting Komentar

..::.. JANGAN LUPA ..::..
berkomentar untuk blog ini