Windows 32bit vs 64bit

Kursus Advance SEO - Saung Seo 468x60
Ketika akan mendownload/mengunduh aplikasi/software untuk Windows, terutama software/aplikasi buatan Microsoft sendiri, seperti: Internet Ekplorer (IE)Microsoft Security Essential (MSE) dsb. biasanya akan dihadapkan pada pilihan versi Windows yang digunakan, seperti: Windows XP, Vista dan 7, juga pilihan edisi, seperti: 32-bit atau 64-bit. Namun, rata-rata versi Windows yang kita gunakan tidak disertai keterangan, apakah edisi 32-bit atau 64-bit. Tentunya hal ini, khususnya bagi yang awam sangat membingungkan bukan?.
Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasiDengan kata lain, Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya  yang sudah mempunyai kemampuan 64-bit dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit. 




Kemudian, perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada software/aplikasi Windows ini  juga mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Software/aplikasi yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-bit, sedangkan software/aplikasi yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-bit tetapi tidak berlaku untuk semua software/aplikasi. Dan pilihan yang tepat dalam memilih software/aplikasi adalah menyesuaikan dengan jenis Windows yang digunakan. Jika tanpa disertai keterangan atau informasi untuk 32-bit atau 64-bit, umumnya software/aplikasi yang beredar saat ini ditujukan untuk Windows 32-bit.



Windows 64-bit mempunyai kemampuan lebih dibandingkan dengan windows 32-bit. Sebagai contoh, yang 32-bit biasanya hanya bisa mendeteksi memori tidak lebih dari 3-4GB. Tapi kalo yang 64-bit, bisa mendeteksi memori lebih dari itu. Selain itu, 64-bit dapat memproses data lebih cepat dan performa komputer menjadi lebih baik. Namun, kekurangannya untuk saat ini adalah masih banyak program/aplikasi/software yang kompatibilitasnya kurang bagus dengan sistem 64-bit. Biasanya yang memakai 64-bit itu adalah para desainer grafis, para editor video dan audio atau komputer yang kesehariannya digunakan untuk merender karena pada umumnya mereka memakai memori lebih dari 4 GB untuk mendukung kinerja aplikasi/software yang dipakai.

Kesimpulannya, mana yg lebih baik antara 32-bit dan 64-bit?. Itu tergantung kebutuhan saja. 


Untuk mengetahui apakah Windows yang digunakan adalah 32-bit atau 64-bit, salah satu nya yaitu dengan melihat informasi di Control Panel - System:




WINDOWS XP:
Klik kanan "My Computer" pada desktop kemudian pilih "Properties", atau dari "Control Panel - System". Pada tab General perhatikan pada bagian System, untuk Windows XP 32-bit akan tertulis seperti "Microsoft Windows XP Professional", sedangkan untuk Windows XP 64-bit akan tertulis seperti "Microsoft Windows XP Professional x64 Edition". Jadi, untuk Windows XP 64-bit ada tambahan keterangan "x64 Edition".
 

WINDOWS VISTA/7: 
Masuk ke "Control Panel - System" dan lihat informasi "System Type" di bawah "System", untuk Windows Vista 32-bit akan tertulis keterangan "32-bit Operating System", sedangkan untuk Windows Vista 64-bit akan tertulis keterangan "64-bit Operating System".




Untuk Windows versi lain, cara yang digunakan pada dasarnya sama yaitu melihat informasi di "Control Panel - System".

CU.CC: Free Domain Registration + FREE DNS Services

Artikel yang berkaitan :



0 komentar:

Posting Komentar

..::.. JANGAN LUPA ..::..
berkomentar untuk blog ini