[SOLVED] Masalah New XAMPP security concept

Kursus Advance SEO - Saung Seo 468x60
Untuk membuat aplikasi web menggunakan PHP dan MySQL maka biasanya kita memerlukan web server Apache yang telah dipaket dalam satu software yakni XAMPP atau LAMPP. Masalah muncul saat saya mengupgrade file XAMPP atau LAMPP versi 1.7.7 ke versi 1.8.0 tersebut ke dalam sistem operasi Linux Mint 13 yakni pada saat saya mengakses program phpMyAdmin yang merupakan salah satu fitur unggulan dari paket XAMPP atau LAMPP.

Browser akan memunculkan pesan bahwa akses terhadap phpMyAdmin tidak bisa dilakukan karena masalah keamanan yakni dengan diterapkannya New XAMPP security concept. Padahal pada beberapa versi XAMPP atau LAMPP sebelumnya hal tersebut tidak pernah saya alami.

Terus bagaimana solusinya? Bukalah file httpd-xampp.conf yang berada pada direktori /opt/lampp/etc/extra/ kemudian edit isinya dengan menambahkan perintah Require all granted. Berikut urutan tata caranya:


1. Buka file httpd-xampp.conf menggunakan editor Pluma (bisa juga dengan text editor lainnya). Kemudian cari teks dengan data seperti berikut:


sudo pluma /opt/lampp/etc/extra/httpd-xampp.conf

Tambahkan perintah Require all granted seperti contoh kode di atas. Kemudian simpan perubahannya.

2. Setelah itu restart web servernya dengan perintah seperti berikut:

sudo /opt/lampp/lampp restart

3. Refresh browser Anda. Jika tidak ada masalah, program phpMyAdmin bisa Anda akses seperti biasanya.
 
Semoga bermanfaat !

CU.CC: Free Domain Registration + FREE DNS Services

Artikel yang berkaitan :



0 komentar:

Poskan Komentar

..::.. JANGAN LUPA ..::..
berkomentar untuk blog ini