Belajar C++ Memakai CodeBlocks Linux

Langkah awal jelas mencari file instalasi CodeBlocks, cari saja yang terbaru, search di Google atau search engine apapun, pasti ada kok. Dan setelah itu download juga file tutorialnya. Untuk instalasi mudah kok, seperti kebanyakan software lain. Setelah selesai kamu bisa mencoba masuk ke CodeBlocks dan buka juga file tutorialnya.
Untuk mengikuti tutorialnya sama sekali ngga susah bahkan untuk orang yang belum pernah belajar bahasa pemrograman apapun sebelumnya.
Dari daftar isinya sudah jelas bahwa tutorial ini sangat runut :

Introduction
Instructions for use
Basics of C++
Structure of a program
Variables. Data Types.
Constants
Operators
Basic Input/Output
Control Structures
Control Structures
Functions (I)
Functions (II)
Compound data types
Arrays
Character Sequences
Pointers
Dynamic Memory
Data structures
Other Data Types
Object Oriented Programming
Classes (I)
Classes (II)
Friendship and inheritance
Polymorphism
Advanced concepts
Templates
Namespaces
Exceptions
Type Casting
Preprocessor directives
C++ Standard Library
Input/Output with files

Aku saat ini baru sampai bab 3 dan kemarin nyoba membuat suatu program sederhana pake banget yang berfungsi menghitung luas berbagai bangun 2 dimensi yang nilainya tergantung input dari user. Simple banget kok programnya, anak SD aja pasti juga bisa bikin. Nie source codenya :

// function example
#include
using namespace std;

int main ()
{
int x;
float r, s, p, l, la, t, sa, sb, tt, LL, LP, LPP, LS, LT;
cout << "Menu :"<<>
cout << "Masukkan pilihan anda:";
cin >> x;
switch (x) {
  case 1:
  cout << "Masukkan jari-jari lingkaran:";
  cin >> r;
  LL = r*r*3.14;
  cout <<> 
  cout <<> 
  break; 
  case 2: 
  cout << "Masukkan sisi persegi:"; 
  cin >> s; 
  LP = s*s; 
  cout <<> 
  cout <<> 
  break; 
  case 3: 
  cout << "Masukkan panjang:"; 
  cin >> p; 
  cout << "Masukkan lebar:"; 
  cin >> l; 
  LPP = p*l; 
  cout <<> 
  cout <<> 
  break; 
  case 4: 
  cout << "Masukkan panjang alas:"; 
  cin >> la; 
  cout << "Masukkan tinggi:"; 
  cin >> t; 
  LS = 0.5*la*t; 
  cout <<> 
  cout <<>
  break; 
  case 5: 
  cout << "Masukkan panjang sisi bawah:"; 
  cin >> sb; 
  cout << "Masukkan panjang sisi atas:"; 
  cin >> sa; 
  cout << "Masukkan tinggi:"; 
  cin >> tt; 
  LT = (0.5*sb+0.5*sa)*tt; 
  cout <<> 
  cout <<> 
  break; 
  default: 
  cout << "Tidak ada menu dengan nomor itu"; 
   } 

}


Programnya bersifat TUI (Text User Interface) soalnya belum mampu bikin yang GUI. Silahkan dicoba-coba, gampang banget kan? Tapi lumayan sudah mencakup fungsi-fungsi dasar di bahasa pemrograman C++. Masih jauh dari disebut bisa. Mari belajar bersama. Oya, ini tampilan dari CodeBlocks-nya..

berikut ebook untuk belajar CodeBlocks, dapat di unduh GRATISS disini
KLIK tuk melanjutkan »

Menjalankan XAMPP Otomatis Saat Booting [LINUX OS]

Dalam dunia PHP Programming, salah satu aplikasi server paketan yang paling populer adalah XAMPP untuk sistem operasi windows. Aplikasi besutan apachefriend ini, nggak hanya berjalan di OS windows saja ternyata, ada pula “XAMPP” yang digunakan untuk aplikasi linux (ubuntu) ggak ada perbedaan jauh antara XAMPP di windows maupun dilinux, hanya saja untuk yang versi linux namanya adalah LAMPP (Linux Apache MySQL PHP), dan sejauh yang ane rasakan untuk yang versi linux nggak bisa langsung aktif dijalankan. aplikasi harus dijalankan secara MANUAL lewat konsole dan dengan hak ases root
perintah:

sudo /opt/lampp/lampp start

namun, ada cara lain agar LAMPP dapat dijalankan/diaktifkan secara otomatis sewaktu ubuntu linux booting caranya:
1. Buka terminal Konsole (CTRL+ALT+T)
2. ketikan perintah

sudo pluma /etc/init.d/rc.local

3. lalu tambahkan perintah

/opt/lampp/lampp start

pada baris setelah #! /bin/sh

4. simpan file rc.local
5. sudo reboot <- div="" kamu="" komputer="" reboot="" untuk="">
cobalah setelah komputer on lagi, buka browser kamu.. lalu buka localhost, sudah ON kan LAMPP nya
KLIK tuk melanjutkan »

Build aplikasi android pertama kali di semua distro linux

Assalamu'alaikum waroh matullah wabarakatu. Cuma mau sedikit share tentang cara bikin aplikasi android menggunakan OS Open Source.

1. Install Java
Untuk yang OSnya 32bit.
sudo apt-get install icedtea6-plugin openjdk-6-jre openjdk-6-jdk
Untuk yang Osnya 64bit tambah package ia32-libs, jadi lengkapnya.
sudo apt-get install icedtea6-plugin openjdk-6-jre openjdk-6-jdk ia32-libs

kalo udah ada javanya di laptopnya, perintah diatas di skip aja, lanjut ke step berikutnya.

2. Install SDK android
Download android SDK untuk linux, pakai wget aja biar bisa di resume kalo tiba2 inetnya disconnect, commandnya:
$ wget -c http://dl.google.com/android/android-sdk_r21-linux.tgz
kalo udah punya sdknya di laptop ente, command diatas di skip aja, lanjut ke step berikutnya.

3. Konfigurasi SDK
Extract hasil downloadannya bisa pake nautilus klik kanan difile yang udah didownload tadi android-sdk_r21-linux.tgz dan pilih extract here. Maka akan terbentuk folder android-sdk-linux.
Sekarang folder android-sdk-linux nya di pindahin aja sesuka ente.
Misalnya di /home/$user/android/ dan di paste didalam folder itu. Jadi full path-nya kira-kira begini /home/$user/android/android-sdk-linux
diatas yang $user itu beda2 yah, sesuai username linuxnya.

4. Install API android
Tanpa menginstall API android nggak akan bisa menginstall ADT di eclipse untuk membuat aplikasi android. Dan juga nggak bisa menjalankan emulator android di laptop.
OK sekarang cara install APInya adalah dengan cara membuka SDK Manager, cara buka SDK Manager jalankan file binary android yang ada di folder android-sdk-linux/tools
Tinggal buka terminal dan langsung aja ketik
$ ./android/android-sdk-linux/tools/android

Dan tinggal dipilih aja OS android versi berapa yang ente mau jadikan pustaka untuk membuat aplikasi android, untuk developer ya semua API aja diinstall biar lebih banyak pustakanya saat membangun aplikasi android.
Untuk mencoba emulator sekaligus install eclipse coba diinstall satu API aja, yaitu API 10, API 10 ini adalah untuk OS android versi 2.3.3 (Gingerbeard), dan yang wajib diinstall untuk development selain API adalah Android SDK platform-tools, itu tinggal dicentang aja yang dibawah folder Tools>Android SDK platform-tools.
Jadi yang dipilih saat ini adalah:
  • Tools > Android SDK platform-tools (untuk development toolkit android, dari source code yang kita bangun di eclipse akan dibuilding menjadi apk/aplikasi siap pakai, nanti akan membentuk folder platform-tools di dalam folder android-sdk-linux)
  • Android 2.3.3 (API 10) > SDK platform (inti source androidnya yang udah jadi image dan bisa dijadikan emulator)
  • Android 2.3.3 (API 10) > Samples for SDK (biar ada contoh source codenya, buat jajal2 n latihan)
Lalu klik tombol install, seperti gambar dibawah ini kira2:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/67070_3601049920007_1531648504_n.jpg
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/67070_3601049920007_1531648504_n.jpg
Dan ditunggu proses downloadnya sampai kelar.


6. Setting PATH binary android
Di setiap linux bisa menjalankan aplikasi binary lewat command, asal file binary/aplikasi itu ada di dalam folder /bin atau /usr/bin karena default launcher aplikasi/binary ada di folder itu.
Fungsinya mengatur PATH adalah biar bisa menjalankan command-command binary android yang ada di folder platform-tools dan tools tanpa membuka folder dan mengaksesnya dengan cara titik+tanda miring+filebinarynya atau dengan mengcopy binary-binarynya ke folder /bin. Dengan demikian maka bisa langsung mengetikkan perintahnya dari terminal tanpa CD CD lagi.
Cara mengatur PATH adalah:
Buka file .bashrc yang ada di /home/$user dia terhidden, biar gampangnya, bukan terminal lalu ketik:
$ gedit .bashrc
Setelah kebuka isikan full PATH tools dan platform-tools, seperti ini kira2, tergantung path tadi menaruh directory android-sdk-linux nya:
export PATH=/home/$user/android/android-sdk-linux/tools:/home/$user/android/platform-tools:$PATH
perintah diatas taruh di .bashrc pada baris paling bawah, kemudian di save dan logout linuxnya dan login kembali ke linuxnya, kalo belum yakin di restart aja komputernya.
Setelah masuk linuxnya lagi untuk ngecek konfigurasi PATHnya udah benar atau belum, buka terminal lalu ketik:
$ android
dan kalau kebuka Android SDK Manager nya berarti udah benar. Lanjut ke step berikutnya.


7. Bikin Emulator
Emulator android ini kebutuhan untuk debugging, testing, atau menjalankan aplikasi yang kita buat (Ini dibutuhkan memori komputer yang OK, karena untuk menjalankan emulatornya ini aja dibutuhkan RAM 512MB, tapi kalo RAMnya cuma 512 tetep masih bisa juga sih, mungkin crash, stuck, dan sebagainya disaat-saat kita lagi seru-serunya ngoding dan mengompilnya).
Karena mendebug aplikasi apapun yang dibuatnya menggunakan bahasa Java, itu harus di compile dulu aplikasinya, baru bisa dilihat nilai2 variable berupa array, string, int, boolean, long, dsb itu nilainya sudah pas atau belum dengan yang kita inginkan. Beda dengan bahasa PHP, kalu itu sih nggak perlu compile, langsung di print_r($variablenya); dan dibuka lewat browser udah keliatan nilai variablenya.Tapi kalau udah pada punya HP yang ber OS android nggak perlu pakai emulator, HP juga bisa untuk debugging, testing, atau  menjalankan aplikasi yang kita buat. Jadi tanpa membuka emulator yang memberatkan proses komputer kita. Kecuali kalau udah mau final, baru kita coba di semua OS android dari kode name curpake sampai jellybean lewat emulator (dengan kata lain kita coba semua aplikasi yang mau di rilis ke semua OS android apakah sudah jalan atau belum tanpa membeli HP yang berbeda2 OS androidnya).
Langkah bikin emulator:
Buka Android SDK Manager, dengan membuka terminal dan ketik:
$ android
Lalu pilih Tools>Manage AVD>New, Tinggal diisi aja sesuai keinginan. Semisal seperti pada gambar dibawah ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/64599_3601237884706_1936703205_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/64599_3601237884706_1936703205_n.jpg
dan kalau udah di klik OK, maka akan kembali ke List Manage AVD, pilih Nama yang tadi baru dibuat dan klik button start, maka emulator android akan jalan, seperti gambar dibawah ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/67856_3601244684876_566741454_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/67856_3601244684876_566741454_n.jpg

8. IDE Eclipse untuk ngoding
Untuk membangun aplikasi android, IDE yang digunakan bisa menggunakan NetBeans atau Eclipse, tapi yang paling support ya pakai eclipse.
Jadi di download eclipsenya lewat URL ini:
http://www.eclipse.org/downloads/packages/eclipse-ide-java-ee-developers/indigosr2
Pilih yang sesuai dengan Osnya ada di sebelah kanan dibawah tulisan Download Links.

Setelah selesai download, lalu extract file nya, dan akan membentuk folder eclipse, lalu folder eclipse nya itu di copy/cut saja ke /opt atau manapun.
Perintahnya pakai terminal aja:
$ sudo mv eclipse /opt/

Untuk menjalankan eclipse ketik aja diterminal
$ /opt/eclipse/eclipse

atau mau dibikin shortcutnya, dengan cara klik kanan pada menu dan select kategori Programming, dan tambahkan item, seperti gambar berikut ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/14699_3601092521072_1000576098_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/14699_3601092521072_1000576098_n.jpg

9. Install ADT android di eclipse
ADT adalah plugin eclipse agar kita bisa membuat aplikasi android, fungsinya agar saat kita ngoding kita dibantuin sama Editor Eclipse ini, kaya misalkan salah penulisan code diandoid, nanti dikasih tips sama dia harusnya bgini bgitu dan macam-macam, dan masih banyak lagi.
Cara install ADT adalah, buka Eclipse nya.
Lalu Pilih: Help>Install New Software
Lalu pilih button Add dan akan muncul form dialog box, dan pada bagian Name: isikan Indigo
Site: isikan http://download.eclipse.org/releases/indigo
Setelah itu akan loading beberapa detik mengambil source XML dari situs tersebut(ditunggu aja).
Kalo udah muncul listnya klik Web, XML, Java EE and OSGi Enterprise Development
Lalu centang plugin Eclipse XML Editors and Tools dan WST Server Adapters
seperti gambar berikut ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/312840_3601105921407_1940121493_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/312840_3601105921407_1940121493_n.jpg
lalu Next2 aja sampai finish, tunggu beberapa saat. Kalo udah kelar installnya akan minta restart IDE eclipse nya, restart aja, abis restart masuk lagi ke Help>Install New Software Lalu pilih button Add dan akan muncul form dialog box, dan pada bagian
Name: isikan Android
Site: isikan https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/
Dan centang semua yang ada di Developer Tools, seperti gambar berikut ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/252344_3601111281541_1464997031_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/252344_3601111281541_1464997031_n.jpg
Lalu Next2 aja sampai finish, abis keinstall ADT nya nanti akan minta restart IDE, restart aja, dan sekarang udah bisa buat ngoding android application dari eclipse.

10. Membuat Aplikasi Baru dari Eclipse
Buka Eclipse pilih File>New>Android Application Project, seperti gambar berikut:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/522615_3601116441670_1892639040_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/522615_3601116441670_1892639040_n.jpg

Isi aja terserah aplikasi yang mau dibikin, pada contoh ini cuma bikin hello world, isi aja dengan:
Application Name: Testing
Project Name: Testing
Package Name: com.ugos.testing
Pada bagian Target SDK dan Compile With cm bisa milih API 10 aja, karena ya mungkin di SDK nya cuma baru diinstall API 10 aja, kalau mau banyak pilihan ya diinstall lagi API nya kaya langkah nomor 4.
Terus nanti kalo ngebangunnya pakai API 10 aplikasi/APK nya bisa diinstall di android Ice Cream/JellyBean nggak? Jawabannya ya bisa, cuma nggak support themesnya aja, themes yang dipakai kalo di android Ice Cream pakai themes HOLO, jadi aplikasinya masih tetep bisa jalan. Cuma tampilannya defaultnya aja masih kuno, tapi kuno ini nggak berlaku kok buat yang jago desain, layoutnya masih bisa diutak atik sesuai selera.

Lalu next2 aja, Karena ngompilenya pakai API 10 jadi hanya bisa pilih blank activity, teru next dan pada bagian new blank activity namanya terserah mau dikasih nama apa, itu cuma nama Class yang pertama kali di load ketika aplikasinya jalan. Atau pakai defaultnya aja dengan nama MainActivity nanti filenya akan terbentuk di folder src/com.ugos.testing/. Kalo layout name itu file layout dari class itu, nanti filenya akan terbentuk di folder res/layout/. Dan dibagian Navigation Typenya kosongkan saja, kalau baru nginstall API 10 memang belum support pilih2, kecuali sudah menginstall API 14 keatas, baru bisa milih.


11. Mengompile aplikasi lalu menginstall ke emulator/Handphone
Untuk mengompile aplikasi bisa langsung dari eclipse ataupun pakai ant, kalau saran saya yaitu pakai ant, cepat, jelas, kalau ada error kelihatan, dll, pake ant kita mengcompilenya lewat terminal. Install dulu ant versi 1.8, ngompile pakai ant hanya bisa pakai ant versi 1.8, pernah coba ant versi -1.8 nggak bisa buat ngompile aplikasi android.
Install Ant Kalau yang dari repo ant nya masih versi 1.7, maka caranya adalah sebagai berikut ini, buka terminal, ketik:
$ wget -c http://apache.mesi.com.ar/ant/binaries/apache-ant-1.8.4-bin.tar.gz
$ tar -zxf apache-ant-1.8.4-bin.tar.gz
$ sudo mv apache-ant-1.8.4 /usr/local
$ sudo ln -s /usr/local/apache-ant-1.8.4/bin/ant /usr/bin/ant
lalu di check saja versi antnya dengan command:
$ ant -version
Maka akan keluar >  Apache Ant(TM) version 1.8.4 compiled on May 22 2012
Jika selain itu yang keluar berarti gatot pasang ant versi 1.8 nya

Setelah ant sudah berhasil dipasang, maka cara mengompile project android kita adalah:
Buka terminal lalu masuk ke folder path root project aplikasinya yang di dalam workspace, misalkan tadi diatas bikin project Testing, dan pada terminal ketikkan:
$ cd workspace/Testing
$ android update project --path . (perintah ini sekali aja, ini pas baru pertama kali compile/building, kalau ada file build.xml di sini, ini bisa di skip), seperti gambar berikut ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/480799_3601170803029_878286461_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/480799_3601170803029_878286461_n.jpg
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/531835_3601172803079_1249141904_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/531835_3601172803079_1249141904_n.jpg

Dengan melakukan perintah diatas maka akan membuatkan file build.xml pada folder root projectnya.

Lalu mengcompile project dengan ant, perintahnya adalah:
$ ant debug (hanya mendebug dan membuatkan file apknya ke folder bin/NamaMainClass-debug.apk, ini tanpa menginstall aplikasi ke emulator/HP), seperti gambar dibawah ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/32329_3601181923307_1065178965_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/32329_3601181923307_1065178965_n.jpg
waktu compilenya cuma 10 detik, tergantung dari memory komputer dan banyaknya code yang di compile, karena cuma baru satu class dan satu layout aja, ya cuma 10detik, project-project yang banyak class dan layoutnya pun sekitar 10-20 detik.


Diatas adalah hanya mengompile tanpa menginstall file APK nya, cara untuk mengompile terus langsung nginstall APK nya ke emulator atau handphone adalah:

Pertama kita siapkan dulu emulator atau hanphone yang jadi targetnya,
kalau emulator tinggal hidupkan emulatornya.
kalau dari handphone tinggal sambungkan kabel HP ke USB (driver sudah OK, untuk cara pasang driver HP ke linux tidak semuanya sama, jadi search aja di google sesuai tipe HPnya).
Setelah sudah siap di check dengan perintah:
$ adb devices , maka akan keluar gambar dibawah ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/264914_3601213804104_835826349_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/264914_3601213804104_835826349_n.jpg
eg909 device itu berarti HP, kalau emulator akan keluarnya di List itu namanya adalah emulator-5554 device.
Kalau kosong berarti emulatornya nggak jalan, atau HPnya nggak di colokin. Jangan lupa kalau mau pakai HP di setting dulu USB Debugging di centang, di HP pergi ke Settings>Developer Options>USB Debugging>Dicentang.

Lalu kalau devicenya udah ready, ketik perintah dibawah ini:
$ ant debug install (akan membuatkan file apk di folder bin, lalu menginstallnya ke device), seperti gambar dibawah ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/522667_3601193843605_1879667006_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/522667_3601193843605_1879667006_n.jpg
waktunya cuma 11 detik.

Tinggal dibuka aja contoh Hello World di HP, seperti gambar dibawah ini:
http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/537749_3601254525122_694865635_n.jpg

http://fbcdn-photos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/537749_3601254525122_694865635_n.jpg

Sekian artikel "Build aplikasi android pertama kali di semua distro debian". Pada dasarnya ini bisa dijalankan disemua linux, cuma beda perintah install peralatannya saja. Kalau ada kesalahan diatas harap di edit dokumen ini, biar sempurna. Kedepan mudah2an akan ada diskusi tentang ngoding aplikasi android juga.

Thanks. (sumber)
KLIK tuk melanjutkan »